Langsung ke konten utama

Membuat Kolom Tanda Tangan Lebih dari Satu dengan Tabel



Kolom tanda tangan banyak dijumpai disetiap dokumen – dokumen formal, baik yang berbentuk surat, proposal, maupun laporan. Membuat kolom tanda tangan yang rapi dapat meningkatkan estetika penulisan. Salah satu metode yang dapat digunakan untuk membuat kolom tanda tangan adalah dengan memaanfaatkan tabel pada microsoft word. Penggunaan tabel akan mempermudah dalam pembuatan kolom tanda tangan terutama jika jumlah tanda tangan yang dibutuhkan lebih dari satu.

Pertama – tama kita tambahkan tabel sesuai dengan kebutuhan. Jika jumlah tanda tangan adalah dua buah maka kita tambahkan tabel berukuran 2x4. Caranya adalah dengan klik menu INSERT > Tables

 

Baris pertama pada tabel dituliskan jabatan penanda tangan, urut dari kiri. Baris kedua dikosongkan karena akan digunakan untuk tempat tanda tangan. Baris ketiga dituliskan nama penanda tangan lengkap dengan gelar yang dimiliki. Bagi sektor formal, atau pemerintahan, baris ke empat digunakan untuk menuliskan nomer induk pegawai dari penanda tangan.

 

Pada baris kedua, tinggikan kolom dengan cara masuk pada menu Table Tools > Layout > Cell Size > Height, kemudian atur tinggi agar dapat memuat tanda tangan.

 

Kemudian blok seluruh tabel dan buat tulisan menjadi rata tengah, dengan cara masuk pada menu Table Tools >  Layout > Alignment > Align Center

 

Kemudian klik pada menu Borders dan pilih no Borders sehingga garis pada tabel hilang dan terlihat seperti pada gambar dibawah.


 




Komentar